Program Pembangunan Desa

  • Bidang Infrastruktur

Program pembangunan infrastruktur termasuk program pembangunan yang mendesak dilakukan di Desa Dukuhturi. Beberapa infrastruktur yang mendapat prioritas pembangunan diantaranya :

  1. Renovasi Balai Desa

Kondisi balai desa yang ada saat ini sudah kurang representative lagi. Bangunan balai desa yang sekarang kondisi atapnya sudah sangat memprihatinkan sehingga sudah saatnya diadakan perbaikan / rehabilitasi.

  1. Pembangunan Kantor PKK

PKK sebagai kader penggerak banyak berperan dalam pembangunan desa. Untuk itu diperlukan bangunan kantor PKK yang representative agar operasional kegiatan PKK tidak menemui hambatan. Saat ini PKK sudah memiliki kantor tetapi kondisinya sangat tidak mendukung untuk operasionalnya.

  1. Pengaspalan Jalan Lingkungan

Untuk memperlancar akses masyarakat dan menjadikan lingkungan desa lebih rapi, bersih dan sehat perlu adanya peningkatan jalan lingkungan dengan pengaspalan di beberapa titik yang ada di lingkungan perkampungan penduduk.

  1. Perbaikan dan Pembangunan Drainase

Beberapa ruas drainase di Desa Dukuhturi kondisinya saat ini rusak parah akibat tertutup oleh tanah, atau tersumbat sampah. Selain itu juga di beberapa ruas jalan di tengah permukiman penduduk diperlukan juga adanya pembangunan saluran drainase yang bersifat baru yang dapat memperlancar aliran air yang terhalang akibat adanya penambahan bangunan rumah penduduk. Agar Desa Dukuhturi terhindar dari bencana banjir atau penyakit, perbaikan dan pembangunan drainase adalah salah satu kebutuhan yang sangat mendesak.

  1. Pengerasan Jalan

Akibat adanya pembukaan jalan baru yang menghubungkan satu perkampungan dengan perkampungan yang lain, maka jalan yang baru dibuka tersebut kondisinya masih berbentuk tanah yang sebagai tahap awal perlu segera dikeraskan dengan batu-batu yang agak besar sehingga tidak becek atau berdebu nantinya dengan imbas memperlancar akses  masyarakat yang melewatinya.

  1. Rabat Beton

Selain dengan pavingisasi, ruas gang/lontrong yang kondisi tanahnya labil alternatifnya dengan rabat beton/cor, dapat lebih terjaga dari kerusakan-kerusakan sehingga akses masyarakat tidak terganggu.

  1. Pembangunan Talud

Talud sangat diperlukan mengingat masih banyak tanah di Desa Dukuhturi yang tingat kemiringannya tinggi dan labil yang dapat menimbulkan tanah longsor.

 

 

  • Bidang Pendidikan
  1. Pembangunan Pagar Keliling TK dan SD

Gedung-gedung TK dan SD yang berada di Desa Dukuhturi kondisinya sangat terbuka sehingga sangat rawan pencurian ataupun perusakan dari pihak-pihak luar sehingga adanya pembangunan pagar keliling tersebut kebutuhannya dapat dikatakan sudah sangat mendesak.

  1. Insentif Guru TK Swasta

Selain sarana, pelaksanaan pendidikan Taman Kanak-Kanak juga menghadapi kendala kesejahteraan guru/staf pengajar. Pemerintah desa perlu memfasilitasi agar kesejahteraan guru TK secara layak dapat terwujud.

  1. Gerakan Wajib Jam Belajar

Untuk mendukung budaya belajar di Desa Dukuhturi sangat perlu dibangun kesadaran untuk belajar bagi siswa SD, SLTP dan SLTA di Desa Dukuhturi setiap malam. Agar kegiatan belajar mandiri ini tidak terganggu, setiap pemilik televisi, radio dan alat elektronik sejenis wajib tidak mengoperasikannya pada pukul 18.00 – 20.00 WIB.

  1. Perpustakaan Desa

Keberadaan perpustakaan desa diperlukan untuk mendukung budaya belajar di Desa Dukuhturi. Problem bagi pembangunan perpustakaan adalah terbatasnya bahan bacaan. Untuk gedung perpustakaan dapat menempati salah satu ruang di kompleks balai desa.

 

  • Bidang Kesehatan
  1. Pembangunan Gedung Posyandu

Keberadaan Posyandu Balita dan Lansia di Desa Dukuhturi sangat perlu mendapat perhatian. Untuk itu dengan adanya gedung Posyandu sangat diperlukan untuk mendukung proses peningkatan kualitas balita dan penekanan angka kematian ibu hamil dan menyusui, termasuk di dalamnya adalah perlu semakin  ditingkatkannya pelayanan dengan pemberian makanan tambahan, pengobatan gratis, pemeriksaan ibu hamil dan menyusui.

  1. Gerakan Juru Pemantau Jentik ( Jumantik )

Untuk menekan angka penderita penyakit demam berdarah, Kader Jumantik yang selam ini telah ada agar dapat lebih menggiatkan pemantauan jentik nyamuk. Agar efektif, jentik nyamuk tidak hanya dipantau tetapi juga dibersihkan melalui kerja bakti setiap hari Jumat.

  1. Pembuatan Tempat Pembuangan Sampah Sementara ( TPS )

Untuk menghindari adanya warga masyarakat yang membuang sampah sembarangan seperti ke saluran air atau sungai, sangat perlu dibuatnya tempat pembuangan sampah yang bersifat sementara disetiap ruas jalan/gang yang stratetgis. Tempat sampahnyapun nanti bisa dibuat secara permanen yang dikelompokan menjadi dua berdasarkan jenis sampahnya yaitu sampah anorganik seperti plastik yang tidak dapat diuraikan oleh bakteri pembusuk dan sampah organik seperti daun-daunan yang dapat diuraikan oleh bakteri pembusuk yang hasil akhirnya adalah kompos.

 

  • Bidang Ekonomi
  1. Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik

Sebagai desa yang sedang beranjak menuju desa industri yang berbasis ekonomi kerakyatan, Desa Dukuhturi perlu memperkuat sumber daya dan kelembagaan untuk menjual produknya, contohnya adalah adanya peluang pembuatan Pupuk Organik sebagai produk unggulan. Selain itu juga dengan adanya pelatihan ini dapat menekan angka pengangguran.

  1. Koperasi Mandiri Desa Dukuhturi

Koperasi yang sudah ada di Desa Dukuhturi sangat memerlukan terobosan-terobosan baru untuk diversifikasi usahanya sehingga tidak hanya berkutat di bidang simpan pinjam saja seperti sekarang ini.

  1. Tabulampot

Tanaman bunga dalam pot (Tabulampot) yang pernah dirintis di Desa Dukuhturi agar dapat diteruskan dan digiatkan kembali. Tabulampot yang pernah dilakukan adalah dengan penanaman bunga melati yang mempunyai nilai ekonomis tinggi.

 

  • Bidang Budaya

Kesenian yang ada di Desa Dukuhturi yang memiliki kekhususan tersendiri seperti Rebana Jawa/Genjring sangat memerlukan perhatian dan pembinaan yang lebih konkret. Sehingga kesenian ini dapat tetap lestari sampai ke generasi penerusnya.

 

  • Bidang Agama
  1. Rehabilitasi Masjid dan Musholla

Agar masyarakat Desa Dukuhturi dapat nyaman beribadah, beberapa masjid dan musholla yang kondisinya sudah tidak memungkinkan sangat perlu diadakan renovasi.

  1. Madrasah Diniyah

Sebagai salah satu dari bagian pendidikan agama dan budi pekerti, Madrasah Diniyah yang telah berjalan perlu mendapat dukungan sarana seperti alat tulis dan buku-buku agama.

  1. Peringatan Hari Besar Agama

Peringatan hari besar agama perlu dilakukan dengan manajemen yang lebih baik. Panitia peringatan dapat berkoordinasi agar peringatan hari besar antar dusun dapat dilaksanakan dengan melibatkan sebanyak-banyaknya pemeluk agama di Desa Dukuhturi.

Facebook Comments

Jam Layanan & Info

1-202-555-1212
Makan siang: 11.00 - 14.00
Makan malam: S-Sl 17.00 - 23.00, Jum-Sab:17.00 - 1.00

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan