RPJMDes, Pedoman Untuk Melangkah

Dukuhturi_Sideka (28/08/2018)_Desa adalah kesatuan masyarakat hukum yang memiliki batas-batas wilayah yang berwenang untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarkat, berdasarkan asal-usul dan adat istiadat setempat yang diakui dan dihormati dalam sistem Pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Beberapa kewenangan desa antara lain : menyelenggarakan urusan pemerintahan yang sudah ada berdasarkan hak asal-usul desa, menyelenggarakan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan kabupaten/kota yang diserahkan pengaturannya kepada desa, yakni urusan pemerintahan yang secara langsung dapat meningkatkan pelayanan masyarakat, melaksanakan tugas pembantuan dari Pemerintah, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota dan menyelenggarakan urusan pemerintahan lainnya yang diserahkan kepada desa.

RPJM-Desa adalah dokumen perencanaan untuk periode 5 (lima) tahun yang memuat arah kebijakan pembangunan desa, arah kebijakan keuangan desa, kebijakan umum dan program kerja desa. Dokumen RPJM-Desa disusun dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbang) RPJM-Desa yang dilaksanakan 5 (lima) tahun sekali. Selanjutnya, RPJM-Desa diterjemahkan/dijabarkan dalam Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKP-Desa) yang berlaku selama satu tahun.

Maksud disusunnya Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJM-Desa) adalah sebagai petunjuk dan arah pembangunan desa, yang memuat kebutuhan-kebutuhan desa menyesuaikan dengan potensi dan sumber daya yang dimiliki. Selain itu juga sebagai pedoman bagi desa dan pemerintah desa dalam menyusun sasaran, program dan kegiatan pembangunan desa.

Tujuan disusunnya Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJM-Desa) adalah antara lain untuk lebih mengoptimalkan pelayanan pemerintahan dalam pembangunan sesuai hasil-hasil Musrenbang RPJM-Desa dan visi misi yang telah ditetapkan bersama, menciptakan rasa memiliki dan tanggung jawab terhadap program pembangunan di desa dan memelihara dan mengembangkan hasil-hasil pembangunan di desa serta menumbuhkembangkan dan mendorong peran serta masyarakat dalam pembangunan di desa.

(Sumber : Tim Penyusun RPJMDes Dukuhturi 2015-2020)

Facebook Comments

Jam Layanan & Info

1-202-555-1212
Makan siang: 11.00 - 14.00
Makan malam: S-Sl 17.00 - 23.00, Jum-Sab:17.00 - 1.00

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan