Usaha Peningkatan Kualitas Kesehatan Masyarakat Dengan Posyandu 

DUKUHTURI (22/09/2018)_Posyandu merupakan salah satu bentuk Upaya Kesehatan Bersumber Daya Masyarakat (UKBM) yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh, untuk dan bersama masyarakat dalam penyelenggaraan pembangunan kesehatan, guna memberdayakan masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar untuk mempercepat penurunan angka kematian ibu dan bayi.

Di Desa Dukuhturi, Kecamatan Bumiayu usaha tersebut telah diwujudkan dengan adanya 11 unit Posyandu yang tersebar mulai dari RW 01 Blok Kalker sampai dengan RW 06 Blok Talok Timur. Dari 11 unit tersebut terdiri dari 8 Posyandu Balita dan 3 Posyandu Lansia.

Setiap tahun 11 unit posyandu tersebut mendapat bantuan dari anggaran yang ada di pemerintah desa, utamanya adalah dana yang bersumber dari Alokasi Dana Desa (ADD) yang diwujudkan dalam bentuk dana bantuan peningkatan Program Makanan Tambahan (PMT). Selain itu, sejak tahun 2017 sampai dengan tahun 2018 juga sudah dialokasikan untuk peningkatan PMT Posyandu dari anggaran Dana Desa (DD).

Pelaksanaan kegiatan Posyandu yang ada di desa Dukuhturi dilaksanakan setiap 1 bulan sekali tiap posyandunya. Sedangkan jenis pelayanan yang diberikan antara lain :

1. Pemeliharaan kesehatan bayi dan balita,

2. Penimbangan bulanan,

3. Pemberian makanan tambahan,

4. Imunisasai bagi bayi 0-11 bulan,

5. Pemberian oralit untuk penanggulangan diare,

6. Pengobatan penyakit sebagai          pertolongan pertama;

Upaya untuk lebih meningkatkan kualitas peran serta dari kader posyandu itu sendiri demi peningkatan pelayanan di posyandu, maka secara mandiri para kader posyandu di desa Dukuhturi telah berupaya dengan cara membentuk Paguyuban Posyandu yang pertemuannya diadakan sebulan sekali secara bergilir di rumah kader yang ketempatan.

Dalam forum paguyuban posyandu itulah disampaikan adanya informasi-informasi tambahan yang nantinya akan disampaikan kepada masyarakat  ketika pelaksanaan posyandu di tempatnya masing-masing.

Harapan ke depan, ada campur tangan dari pihak pemerintah desa Dukuhturi dalam hal kesejahteraan para kader posyandu itu sendiri seperti dianggarkannya bantuan insentif dan akomodasi bagi kader posyandu yang bisa dianggarkan dari dana-dana yang masuk ke desa.

Facebook Comments

Jam Layanan & Info

1-202-555-1212
Makan siang: 11.00 - 14.00
Makan malam: S-Sl 17.00 - 23.00, Jum-Sab:17.00 - 1.00

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan