HIMBAUAN KADES DUKUHTURI TERKAIT PENYEBARAN COVID-19

DUKUHTURI-(26/03/2020)_Ditengah merebaknya penyebaran penyakit pernafasan akut yang disebabkan oleh virus corona (Covid-19), Achmad Effendi selaku Kepala Desa Dukuhturi Kec. Bumiayu Kab. Brebes menghimbau dan mengajak warganya untuk selalu menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

“Saat ini Virus Corona atau Covid-19 telah menyebar ke wilayah Kab. Brebes khususnya Kec. Bumiayu, oleh karenanya dihimbau kepada warga khususnya warga Desa Dukuhturi agar tidak panik, tetap tenang namun harus selalu berhati-hati serta waspada,” kata Achmad Effendi mengawali himbauannya.

“Selalu menggiatkan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) setelah melakukan aktifitas bisa mencegah penularan awal virus ini, “lanjut Achmad Effendi.

Selain itu, kata Achmad Effendi, ada beberapa hal lagi yang harus dilakukan oleh warga masyarakat untuk mencegah semakin meluasnya penyebaran Covid-19 ini khususnya di Desa Dukuhturi, yaitu selalu menjaga kebersihan lingkungan rumah, mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi yang bersumber dari sayuran dan buah-buahan.

“Bagi warga yang sedang sakit agar selalu menggunakan masker dan ketika batuk atau bersin agar menutupi wajah dengan lengan sebelah dalam,”tambah Kades Dukuhturi ini.

Melalui selebaran, poster ataupun berita-berita yang beredar, Achmad Effendi juga mengingatkan kepada warganya agar mengurangi aktifitas yang banyak kerumunan orang.

“Kurangi menghadiri atau melakukan kegiatan-kegiatan yang melibatkan orang banyak dan segera memeriksakan diri ke petugas kesehatan di Puskesmas atau RSUD Bumiayu apabila memiliki gejala panas, demam, batuk kering dan sesak nafas,”tandasnya.

Secara terpisah Sekretaris Desa Dukuhturi, Andi Kuswoyo, M.Pd menambahkan bahwa penyebaran Covid-19 ini sekarang sudah sangat mengkhawatirkan. “Menurut ahli kesehatan pola sekarang banyak yang tidak merasakan sakit padahal dia sudah terpapar oleh virus tersebut,”katanya.

“Tren sekarang yang sedang berjalan adalah adanya kekhawatiran para perantau dari luar daerah seperti Jakarta, Bogor, Bandung dan daerah zona merah lainnya yang sekarang berbondong-bondong mudik awal ke daerah asalnya menjadi suspect covid-19,”lanjut Andi.

“Untuk itu,”himbau Andi,” kepada para Ketua RT di wilayah Desa Dukuhturi agar mendata dan melaporkan agar diperiksa kesehatannya oleh petugas kesehatan apabila mendapati ada warganya yang baru pulang dari perantauan terutama yang berasal dari daerah zona merah penyebaran Covid-19 ini.”

“Untuk sementara jaga jarak dalam semua kegiatan (Social Distancing) agar diri kita, keluarga kita dan masyarakat kita terhindar dari serangan virus corona ini,”pungkas Andi. (enka)

http://corona.jatengprov.go.id
http://corona.brebeskab.go.id

Facebook Comments

Jam Layanan & Info

1-202-555-1212
Makan siang: 11.00 - 14.00
Makan malam: S-Sl 17.00 - 23.00, Jum-Sab:17.00 - 1.00

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan